Cara merawat rambut kering

Cara merawat rambut kering - Bagi seorang wanita , rambut adalah mahkota kecantikan yang tak ternilai harganya.Mungkin saat ini anda belum sadar betapa berharganya kesehatan dan keindahan rambut jika belum pernah mengalami kerusakan serius seperti bercabang, kusam, rontok, kering dan sebagainya.

Rambut yang kering menjadi salah satu penyebab rambut mudah sekali kusut, lalu bagaimana cara merawat rambut kering yang menjadi masalah bagi sebagian para wanita? Sebelum itu ada beberapa penyebab rambut menjadi kering, yaitu :

Artikel Kami sebelumnya :

Cara merawat rambut kering

Cara merawat rambut kering


1. Sering tekena sinar matahari.
Sama halnya dengan kulit, sinar matahari juga dapat mengikis keindahan rambut. Sebaiknya gunakan produk perawatan yang memberikan perlindungan untuk rambut agar rambut tidak rusak.

2. Menggunakan hair dryer bersuhu panas dan menarik dengan sisir bulat saat blow. Cantik memang, tapi ini akan membuat rambut lebih rapuh dan kering.

3. Penggunaan produk shampo yang kurang cocok pada rambut.
Pemilihan shampo yang tepat merupakan salah satu faktor pendukung untuk mendapatkan rambut indah. Sesuaikan formula shampo yang dapat menjawab kebutuhan rambut kita, jangan mudah  tergiur pada iklan atau merek luar yang mungkin tidak diformulasikan untuk kondisi rambut pada iklim tropis seperti di negara kita kesalahan dalam memilih shampo dapat menyebabkan rambut menipis,  rontok, kusam, mudah patah, dan kering.

4. Menggosok rambut terlalu keras
Sebagian wanita jika sehabis berkeramas akan mengeringkan rambut dengan cara menggosok-gosokkan ujung rambut pada handuk secara berlebihan, tahu kah anda ternya cara itu dapat menyebabkan rambut menjadi kering, rontok, dan bercabang.

5. Bahan Kimia
Apapun yang mengandung bahan kimia pasti memiliki efek samping tersendiri  dalam jangka waktu yang lama.


Setelah kita mengetahui hal-hal yang menjadi penyebab rambut kering dan rusak, berikut cara merawat dan mengatasi rambut yang kering.

Tips merawat rambut kering


1. Alpukat
Selain lezat untuk dikonsumsi sebagai minuman sehat, apukat juga dapat digunakan sebagai pelembut rambut, mengatasi rambut rontok dan juga mengatasi rambut yang kering. Caranya dengan menyiapkan 1 buah alpukat segar blender hingga halus kemudian oleskan pada diamkan hingga 20 menit kemudian bilas hingga bersih.

2. Minyak Zaitun
Minyak zaitun sudah terbukti dapat mengatasi berbagai masalah pada rambut dan salah satunya yaitu rambut kering. Caranya dengan mebasahi terlebih dahulu rambut anda, sesudah itu oleskan minyak zaitun dan diamkan selama 30 menit. Jika sudah bilas rambut anda dengan shampo sampai bersih.

3. Madu
Madu memiliki kandungan yang dapat melembutkan rambut anda secara alami. Cara yang harus anda lakukan adalah siapkan 1 sendok madu dan tambahkan 4 gelas kecil air lalu aduk hingga tercampur dengan rata. Kemudian gunakan bahan tersebut dan ratakan pada area kepala anda. Lakukan hingga rata keseluruh rambut diamkan beberapa saat dan bilas hingga bersih dengan keramas.

4. Lemon
Ternyata buah lemon juga bisa anda gunakan untuk mengatasi rambut yang kering. Caranya adalah ambil air lemon dengan cara diperas, kemudian campurkan dua sendok air lemon dengan dengan satu sendok madu . Setelah tercampur lalu oleskan  ramuan tersebut keseluruh bagian rambut dari mulai akar sampai ujung rambut biarkan selama satu jam lalu bilas rambut dengan air bersih.

5. Lemon, Madu dan Minyak Zaitun
Ingin cara yang lebih efektif, anda dapat menggunakan 3 jenis bahan sekaligus caranya yaitu dengan mencampurkan 2 sendok makan perasan lemon, 1 sendok makan madu, dan 2 sendok makan minyak zaitun. Aduk ketiga bahan tersebut hingga rata, kemudian oleskan pada rambut dan diamkan selama 1 jam jika sudah bilas rambut anda dengan shampo.

6. Cuka Apel
Kandungan alpha-hidroxy acids yang ada dalam cuka apel sangat bermanfaat untuk membantu membersihkan bekas kotoran dan polusi yang menempel pada kulit kepala. Caranya dengan ambil seperempat gelas air kemudian campur dengan setengah gelas cuka apel. Lalu gunakanlah campuran tersebut untuk membilas rambut anda pada saat anda keramas.

Selain menggunakan cara-cara alami diatas kita juga harus merawat rambut kering degan beberapa cara seperti dibawah ini :

Rambut kering


1. Hindari Pemakian Pengering Rambut
Mengeringkan rambut dengan alat pengering yang panas dapat menyebabkan rambut menjadi stress dan ujung-ujungnya menimbulkan kerusakan yang lebih parah. Sebaiknya agar rambut tidak mudah rusak dan bercabang keringkan rambut dengan kipas atau cukup diangin-anginkan saja.

2.  Memilih Shampo yang sesuai dengan jenis rambut kering
Pastikan Anda memilih shampoo khusus untuk jenis rambut kering. Langkah ini cukup penting karena rambut membutuhkan kelembaban yang ganda, yang bisa diperoleh lewat formula shampo untuk rambut kering.

3. Memilih kondisioner rambut yang cocok
Jika anda memakai kondisioner untuk merawat rambut, pilih yang tidak mengandung alkohol. Karena kandungan alkohol dapat membuat rambut semakin rusak, mudah rapuh dan kemudian patah satu per satu.

4. Menyisir rambut
Tahukah anda, menyisir rambut saat basah bisa menyebabkan kerontokan? Kondisi rambut yang masih basah bila langsung disisir akan mudah rapuh dan patah. Tunggu sampai kering atau bisa memakai handuk untuk mengusap secara perlahan. Pilihlah juga sisir yang lembut, terutama yang memiliki karet di ujung-ujung anak sisirnya dan usahakan gunakan sisir dengan gigi lebar. Sisir rambut dengan benar, cara menyisir rambut sangat berpengaruh dengan kesehatan rambut. Tidak perlu menyisir rambut berkali-kali tapi cukup rambut tidak kusut.

5.  Biarkan terurai saat tidur
Jika anda suka memakai pengikat atau pun bando, lepaskan saat akan tidur. Tujuannya untuk membuat rambut terurai sehingga mencegah mengembang di pagi hari selain itu juga membuat akar rambut bebas bernafas.

Itulah beberapa tips dan cara merawat rambut kering agar terjaga kesehatan mahkota rambutnya dan menyempurnakan penampilan kita di depan orang lain.

Bagikan ke

Artikel Menarik Lainya